Categories
Pendidikan

Tenis Lapangan

Tenis Lapangan

Olah Raga Tenis Lapangan merupakan sebuah cabang Olah Raga yang banyak diminati, permainan ini sudah mendominasi semua usia mulai dari usia remaja. Tenis Lapangan sendiri dimainkan dengan memakai alat berupa raket dan bola. Raket berfungsi untuk memukul bola yang dikirim oleh lawan kedalam area lapangan yang bersebrangan dan melewati jaring atau net. Menurut peraturannya jika kita tidak dapat mengembalikan bola yang dikirim oleh lawan dengan baik, ataupun kita memukul bola hingga keluar area lapangan lawan. Maka hal tersebut akan menjadi tambahan point untuk lawan kita dalam bermain tenis.

Permainan ini sangat populer diseluruh dunia, tidak hanya dapat dimainkan oleh pria saja namun Tenis Lapangan juga dapat dimainkan oleh wanita. Ini akan dilakukan pembagian kelasnya masing masing dalam pertandingan. Permainan ini dapat dimainkan dengan berpasangan ataupun sendiri, dengan aturannya akan merubah lapangan yang disesuaikan pada jumlah pemainnya. Dalam artikel kali ini kita akan mengupas tentang cabang Olah Raga Tenis Lapangan, untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak ulasannya berikut ini :

Asal Mula Tenis Lapangan

Tenis lapangan diketahui berasal dari Negara Inggris. Permainan ini diperkenalkan pada dunia sejak dahulu kala sampai saat ini permainan Tenis Lapangan telah menjadi terkenal diseluruh dunia. Turnament tertua dari permainan ini diketahui diselenggarakan dilondon ditahun 1877 dengan tajuk Wimbledon Tournament, yang banyak diikuti oleh atlit dari berbagai negara di Eropa. Kemudian pada tahun 1988 permainan Tenis Lapangan telah menjadi pertandingan Olimpiade di Seoul.

Pada dasarnya permainan Tenis Lapangan ini sudah termasuk kedalam modalitas pada olimpiade. Namun karena alasan terntentu akhirnya dilepas, dikarenakan permainan ini belum ada peraturan tang ditetapkan dan juga komprehensif pada segala sisinya. Karena alasan itulah akhirnya diterbitkan aturan dari Federasi Tenis Internasional sebagai jawaban dari permasalahan tersebut tepatnya ditahun 1924 lalu. Inilah cikal bakal dari permainan atau Olah Raga Tenis Lapangan ini hingga berkembang sampai dengan saat ini.

Metode Dalam Bermain Tenis Lapangan

Dalam permainan Tenis Lapangan sebenarnya ada kesamaan dengan permainan lainnya semacam ini. Permainan ini dapat dimainkan oleh satu orang atau berpasangan, seperti umumnya permainan serupa, dalam bermain kita diharuskan memukul bola. Dalam memukul bola yang bertujuan untuk mengembalikan bola ke arah lawan dengan berbagai tehnik untuk mengalahkan. Dalam hal ini kita harus memperhatikan peraturan yang diberlakukan sebelumnya. Intinya bermain Tenis Lapangan ini kita harus dapat menghindari bola mati di area atau bidang permainan kita. Begitu juga saat mengirim bola, seupaya mungkin untuk menghindari kesalahan yang dapat menjadikan point tambahan untuk lawan kita.

Tenis Lapangan memiliki 3 set pertandingan, yang apabila kita dapat memenangkan dua set maka dapat dipastikan kemenangan untuk kita. Pada setiap setnya permainan ini terdiri dari permainan/ permainan. Dengan tujuan dapat meraih permainan ke 6 lebih dulu. Agar set ujung diharuskan ada, atau setidaknya terdapat satu perselisihan permainan 2 antar pemain. Namun jika 6/6 dapat bertahan pada permainan maka Tie-Break wajib dimainkan. Ini berfungsi sebagai permainan tambahan. Dalam hal ini siapa saja yang dapat mengungguli game ke 7 lebih dulu, maka dipastikan sebagai pemenang.

Tenis Lapangan juga terdapat aturan berikut ini : 15 – 30 – 40. Yang dalam setiap kali ada pemain yang menang, maka pemain tersebut akan mendapatkan angka 15 kemudian beranjak ke 30 sampai sesudah 40. Namun apabila pemain tersebut dapat meraih satu tambahan gerakan lagi, maka pemain tersebut dipastikan memperoleh game apabila dirinya memiliki keunggulan 2 yang dimainkan. Tetapi jika 40/40 masih ada, maka itu disebut dengan Deuce pada setiap kali mereka akan terikat. Perlu diketahui bahwa game akan berakhir apabila salah satu dari pemain meraih keuntungan dari game 2.

Pertandingan Dunia

Pertandingan Tenis Lapangan sendiri biasanya mempunyai system nilai atau penilaian yang berbeda. Ini umumnya bisa menggunakan system kelompok yang berdasarkan point atau bisa juga memakai system gugur. Yang mana saat ada peserta yang kalah, dapat dipastikan tidak dapat mengikuti pertandingan atau Kejuaraan Dunia itu. Sedangkan kejuaraan tenis dunia diselenggarakan dengan tenggat waktu yaitu satu tahun sekali. Ini sangat familiar dengan sebutan Grand Slam atau dengan kata lain ialah Tournament Terbuka. Yang berarti Grand Slam tersebut adalah nama bagi empat Kejuaraan Tenis Terkemuka Didunia, yaitu :

  • Wimbledo
  • AS terbuka
  • Australia Terbuka
  • Prancis Terbuka / Roland Garos

Bagi pemain yang mengikuti Kejuaraan Dunia tersebut serta berhasil memenangkan keempat gelar dalam setahun. Maka dapat dikatakan telah sukses meraih Grand Slam. Sedangkan asal mula dari Grand Slam sendiri dalah beasal dari kartu Bridge.

Tehnik Bermain Tenis Untuk Pemula

Menggunakan Raket

  1. Continental
  2. Forehand Eastern
  3. Western

Menerima Kiriman Bola

  1. Genggam raket di arah depan badan
  2. Tangan lainnya memegang gagang atas raket / leher raket
  3. Angkat setinggi bahu
  4. Posisi agak bungkuk
  5. Kaki agak dibuka
  6. berat condong kedepan
  7. pandangan kedepan

Pukulan Forehand Drive

  1. pegang raket
  2. ayun dari belakang
  3. posisi bola disamping pinggang
  4. lakukan dengan lengan lurus

Pukulan Backhand Drive

  1. pegang raket
  2. putar kedalam kiri
  3. posisi bola samping pinggang kiri
  4. lakukan kearah depan

Servis

  1. pegang raket kontinental
  2. berat badan arah depan bola dilempar keatas arah kanan
  3. tekuk lutut
  4. pukul bola lurus
  5. kaki belakang kearah depan
  6. jaga leseimbangan

Pukulan Volley

Ini harus dilakukan pada saat bola belum jatuh kelapangan

  1. pegang raket
  2. badan condong belakang
  3. kaki belakang kedepan
  4. pukul dengan kekuatan sedang

Pukulan Lob

  1. pegang raket
  2. lakukan dengan rilexs
  3. pukul arah depan

Overhand Smash

  1. pegang raket
  2. kaki kanan posisi belakang
  3. bola diatas kepala
  4. pukul arah bawah

Pukulan Chop

  1. pegang raket, putar kekiri badan
  2. tarik kesamping kanan
  3. posisi bola disamping badan
  4. pukul arah depan

Ukuran Lapangan Dan Peralatan Bermain

  1. lapangan Tenis Lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjangnya 23,77 M dan lebarnya 8,23 M berlaku untuk bermain single. Sementara untuk bermain double panjang lapangan 23,7 M dan lebar 10,97 M
  2. Net Tenis Lapangan mempunyai tinggi 910 MM dari bawah dan pastikan terbuat dari bahan yang cukup kuat
  3. Bola yang digunakan memiliki garis tengah 63,50 MM sampai 66,67 MM
  4. Raket pada permainan tenis lapangan memiliki berat 1,5 ons sampai 12,62 ons untuk pemula. Untuk professional meiliki berat 12, 62 ons sampai 14,5 ons sampai 15 ons.
  5. Pakaian untuk bertanding menggunakan warna putih atas dan bawah

Demikian penjelasan singkat mengenai Tenis Lapangan lengkap dengan penjelasan sampai tehnik bermain yang telah kami jabarkan diatas. Kami berharap ini dapat bermanfaat.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *