Categories
Pendidikan Teknologi

Director of Photography 

Director of Photography

Director of Photography 

Tanggung Jawab Director of Photography (DOP)

Tanggung jawab utama D.O.P adalah untuk menciptakan jiwa dan emosi dalam gambar dengan iluminasi mereka. Tergantung pada gaya sutradara, Anda dapat memutuskan untuk memilih tampilan film sendiri atau setelah bertemu dengan sutradara, biasanya setelah sisi artistik yang Anda pilih untuk membuat teknik pencahayaan yang sesuai. Atau sutradara punya ide sendiri tentang format film ini, dan ini akan menjadi tugas D.O.P untuk memenuhi permintaan ini. Semua cara kerja yang berbeda ini adalah panduan yang menyenangkan untuk memenuhi harapan direktur dan memastikan apa yang mereka inginkan, dan untuk memberikan kebanggaan dan kesetiaan kepada direktur.

Sutradara dan sinematografer harus secara konstan mendiskusikan lingkungan kamera, warna, cahaya, pemblokiran, dan guncangan kamera. Direktur tahu apa yang dia inginkan. Bagaimana Anda melakukan ini biasanya tergantung pada sinematografer. Sinematografer menyajikan ide dan ditolak. Direktur adalah kapten kapal. Seberapa banyak atau seberapa banyak kerja sama yang ingin Anda kerjakan?


Sinematografer Darius Khondji:

“Saya melihat bahwa tugas saya adalah membantu sutradara menonton film. Ini akan menjadi proses yang berkelanjutan, ada banyak hubungan dengan sutradara yang tidak hanya terbatas pada para profesional, tetapi sering berteman dalam kolaborasi kami.”

“Sebagai seorang manajer, saya belajar banyak tentang cara mengelola orang. Saya belajar bagaimana merencanakan sebuah tim dan apa peran pentingnya. Bahkan sebagai pemilik kunci, saya belajar cara mengelola lokasi, bekerja di tentara, mengemudi sebuah mobil dan beberapa pertunjukan. Posisi adalah pelajaran yang sangat berharga, “kata Neil Roach. .

Salah satu pelajaran terpenting yang dipelajari Neil Roach sepanjang karir filmnya adalah tentang kolaborasi. “Kamu bisa menghasilkan pekerjaan luar biasa sambil bekerja dengan sutradara yang tepat.” “Tidak masalah dengan direktur, yang harus kamu lakukan adalah melakukan yang terbaik.” Kata. Karena tugas alami seorang juru kamera adalah selalu mengatakan ‘tidak’. Tidak, Anda ingin banyak cahaya. Atau ‘tidak’ Anda tidak dapat melakukan ini atau itu. Dalam hati saya, saya selalu mendefinisikan ini untuk memuaskan diri saya dan pada saat yang sama untuk mencapai apa yang saya inginkan, saya memberikan karyawan apa yang mereka inginkan. “


Sebagai Kepala Departemen, D.O.P

Diharapkan memberi contoh bagi seluruh unit. Secara umum, hanya orang sinematografer yang bekerja pada kualitas gambar foto. Ketepatan waktu, perilaku kru, pakaian, dan kesopanan menjadi setidaknya bagian dari D.O.P, sehingga menetapkan standar profesional untuk setiap kru. D.O.P, fotografi pencahayaan film, pencahayaan, komposisi, pembersihan, dll, yang semuanya adalah tanggung jawabnya. Dia bertanggung jawab untuk semua masalah terkait.

“Operator kamera memainkan peran terbesar dalam pembuatan film dengan sutradara. Operator pemula tidak akan mempercayai sutradara. Ada sutradara segitiga, kamera (dan operator) dan aktor,” kata Michael Benson. Ketika segitiga terputus, jalur komunikasi juga rusak. Ini dapat mengambil berbagai bentuk, tetapi segitiga adalah hal yang paling penting dalam film, dan narator mungkin bergantung padanya. Operator adalah orang yang tahu jika ada panggilan. Sekarang ada kesalahan yang bisa diperbaiki teknologi. Tetapi jika tembakannya tidak fokus, tidak ada teknologi yang bisa berubah, jadi fokuslah padanya. “

 

 

Sumber : https://materi.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *